Kamis, 19 Desember 2013

8 Insan Perbukuan Terfavorit 2012



Goodreads Indonesia (GRI) telah menyelenggarakan Festival Pembaca Indonesia dan menganugerahkan buku terfavorit pilihan pembaca untuk tahun 2012. 

Anugerah Pembaca Indonesia 2012 melakukan tiga tahap seleksi selama tiga minggu untuk menentukan suara terbanyak antarnominator di tiap kategori.

GRI adalah komunitas pembaca Indonesia yang tergabung dalam situs jejaring sosial para pembaca dunia goodreads. Pada 7 Juni 2007, para pembaca dari Indonesia yang sudah bergabung dengan Goodreads.com,  kemudian membentuk grup Goodreads Indonesia (GRI). Sampai tahun 2012, jumlah anggota GRI sebanyak 7.000 pembaca, dan jumlah buku berbahasa Indonesia yang terdata sudah lebih 9.000 judul.

Di ulang tahunnya yang ketiga, sudah lebih 3.700 pembaca Indonesia bergabung, dan lebih dari 8.000 buku berbahasa Indonesia diunggah ke pusat data Goodreads.

Pada Desember 2012, GRI sudah melakukan Festival Pembaca Indonesia dan berikut adalah daftar lengkap instan perbukuan pilihan pembaca Indonesia:

1.     Penulis dan Buku Fiksi Terfavorit: Negeri Para Bedebah oleh Tere Liye
2.     Penulis dan Buku Non Fiksi Terfavorit: How To Master Your Habits oleh Felix Y. Siauw
3.     Penulis dan Buku Puisi Terfavorit: Mata Ketiga Cinta oleh Helvy Tiana Rosa
4.      Penulis dan Buku Komik/Novel Grafis Terfavorit: 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran oleh Vbi Djenggotten
5.     Sampul Buku Fiksi Terfavorit: Berjuta Rasanya oleh Mano Wolfie
6.     Sampul Buku Non Fiksi Terfavorit: How To Master Your Habits oleh Tim Khilafah Press
7.     Sampul Buku Puisi Terfavorit: Dear You: Demi Apa? Demikian Aku Mencintaimu oleh Dwi Anissa Anindhika
8.     Sampul Buku Komik/ Novel Grafis Terfavorit: 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka  Pikiran oleh Vbi Djenggotten

Goodreads adalah situs jejaring sosial para pembaca di seluruh belahan dunia, yang memungkinkan seseorang untuk melihat isi “rak” buku temannya antara lain: buku apa yang sudah dibaca (read), sedang dibaca (currently reading), dan akan dibaca (to-read).

Situs ini dibangun pada akhir tahun 2006 oleh Otis Chandler dan sudah mengundang lebih dari 2.000.000 pembaca di seluruh dunia untuk bergabung dan memasukkan sekurangnya 40.000.000 judul buku ke dalam pusat data Goodreads.

Goodreads Indonesia berusaha untuk selalu berperan aktif dalam dunia perbukuan di Indonesia. Goodreads Indonesia tidak mau berhenti hanya pada tahapan sebagai komunitas pembaca pasif. Komunitas ini berkehendak untuk menjadi komunitas pembaca aktif yang diwujudkan dalam pelbagai misi kegiatan di dunia online maupun di dunia nyata.

Misi dari setiap kegiatan selalu diarahkan untuk menciptakan “jembatan” atau ruang dialog antara penulis dan pembaca, penerbit dan pembaca, dan masyarakat sebagai pembaca kebanyakan.
- See more at: http://sehabooks.blogspot.com/2013/02/8-insan-perbukuan-terfavorit-2012.html#sthash.oUfn4Vt8.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar