Senin, 05 Oktober 2015

Mulai dari Apa yang Ada


“Kita hidup dari apa yang kita dapat, namun kita mengisi kehidupan dengan memberi.

Sebagaimana catatan sebelumnya “Mengapa tidak mencoba Micropreneur?, pada bagian ini saya memperkenalkan bagaimana cara memilih bisnis  yang sesuai. Masih dari buku The Perfect Business, tulisan Michael LeBoeuf. Terbitan Gramedia, 2007, saya coba menuliskan beberapa catatan yang saya anggap patut diketahui.

Saya mulai dari adagium Robert Louis Stevenson sebagai berikut “ Menjadi diri kita sendiri, dan menjadi apa yang kita mampu lakukan , adalah satu-satunya tujuan hidup.”

HASRAT MENGGEBU
  •  Orang sukses memiliki kesamaan yakni mempunyai hasrat yang menggebu untuk melakukan bisnis itu dan berkeyakinan besar akan nilainya
  • Ide bisnis yang baik harus berakar dari Anda sendiri dan dari apa yang pernah Anda lakukan
  • Pengarang D.H. Lawrence berkata “Kita harus pergi kemana kita merasa terpanggil”
  •  Kenyamanan dan kemewahan memang menyenangkan , namun yang paling kita butuhkan  adalah sesuatu yang membuat kita antusias dan merasa sangat mengasikan.

Pertanyaan :

  • .       Jika secara finasial anda mandiri, apa saja hal-hal yang anda akan hentikan?
  • .       Apa yang akan akan terus Anda lakukan?
  • .       Apa yang ingin Anda perdalam atau menjadi pakar bidang apa?
  • .       Apa yang Anda lakukan untuk membuat dunia lebih baik?
  • .       Apa yang Anda harap akan mereka tuliskan dalam surat wasiat Anda nanti atau mereka ucapkan dalam upacara pemakaman Anda?
  • .       Apa yang akan Anda lakukan, kalau tahu Anda mungkin gagal?

Pertimbangkan pula hobi dan minat Anda

  1. Hoby, minat, atau kegiatan apa yang sering Anda lakukan sampai lupa waktu?
  2.  Dari kegiatan-kegiatan itu, apa yang begitu menyedot perhatian Anda ?
  3.  Ketika remaja, aktivitas atau hoby apa yang paling menarik Anda ?
  4.  Mungkinkah salah satu hoby itu, bisa menjadi bisnis rumahan Anda ?
  5.  Aktivitas apa yang bisa Anda lakukan, bicarakan, atau pelajari terus-terusan tanpa bosan-bosan ?
  6.  Apa pendapat Anda mengenai hari yang sempurna?
  7.  Pekerjaan atau gaya bisnis mana yang paling Anda sukai ?
  8.  Kerja di rumah, kerja jauh dari rumah atau keduanya?
  9.  Seberapa banyak kontak dengan orang yang Anda butuhkan ? Tidak perlu? Sedikit? Lumayan banyak? Banyak? Terus Menerus?
  10. Seberapa banyak privasi yang Anda inginkan?
  11. Apakah Anda sangat ingin bekerja menggunakan tangan Anda? Atau dengan orang-orang? Atau dengan ide-ide Anda?
  12.  Apakah Anda adalah orang yang mementingkan tujuan atau mementingkan proses ? atau, dengan kata lain, apakah Anda mendapatkan kepuasan besar dari keberhasilan Anda menetapkan tujuan lalu berhasil mencapainya, ataukah keasyikan Anda tenggelam dalam aktivitas yang berkesinambungan?


Menurut hasil Studi Gallup, kelemahan hanya boleh dipermasalhkan kalau benar-benar mengganggu produktivitas, atau harga diri kita. Jika tidak, abaikan saja dan luangkan waktu sebanyak-banyaknya untuk menggembangkan kelebihan-kelebihan Anda.
 Carilah sesuatu yang unik dalam diri Anda yang mampu Anda lakukan dengan begitu baik, sehingga konsumen mau membayar Anda untuk itu. Dengan membangun bisnis berdasar satu kompetisi utama, Anda memberi diri Anda berbagi keuntungan monopoli.

Bekerja keras mengambangkan sesuatu yang hadir begitu alami dan mudah bagi Anda. Apa yang bisa dilakukan dengan baik, melebihi orang lain? Orang tidak akan frustrasi karena terlalu banyak pekerjaan. Mereka akan frustrasi kalau tidak bisa menghasilkan sesuatu dari kemampuan dan bakat mereka.

AKSES PASAR

  1.     Kesuksesan bisnis didapat dari menyediakan apa yang diinginkan konsumen.
  2.     Menciptakan nilai merupakan kunci penting.
  3.     Konsumen menukar uang mereka untuk sesuatu yang menurut mereka akan memberi kepuasan melebihi uang yang mereka serahkan untuk mendapatkannya.
Contoh Membeli buku :

·         Saya tertarik pada subyeknya dan ingin tahu lebih banyak tentang itu
·         Seorang kawan merekomendasikan kepada saya
·         Saya telah membaca beberapa buku lain tulisan pengarang yang sama dan merasa suka.
·          Saya pikir akan bisa menjadi kado yang istimewa.

   Perceived value ( Nilai yang dirasa atau didapat oleh konsumen) diantaranya, perasaan senang dan solusi atau masalah.

Seberapa besar kesediaan orang membayar apa yang Anda lakukan tergantung pada tiga pertimbangan beriku ini.

  1.  Apa yang Anda lakukan
  2.  Seberapa baik Anda melakukannya
  3.  Seberapa sulit jika orang lain ingin menggantikan Anda.

Bisnis ideal Anda adalah bisnis yang para konsumen ingin dapatkan dari Anda, dan / atau Anda mengatasi masalah mereka. Selamat datang di era informasi. Perkawinan antara computer dan teknologi komunikasi telah menciptakan dunia bisnis yang terpadu, dimana permaianan bisa dimainkan dengan aturan yang berbeda-beda.



Yang penting disimak, mengenai peralihan dari ekonomi industry menjadi ekonomi informasi adalah untuk menciptakan kesejahteraan dalam ekonomi industry biasanya membutuhkan modal dan energy yang sangat besar. “Perlu uang untuk menghasilkan uang.” Kealhian dan kemampuan mereka menghemat waktu dan uang kita serta menyelesaikan dan menghindarkan kita dari berbagai masalah rumit. Lagi-lagi, nilai mereka di mata clien lebih tinggi dibandingkan uang yang dibayarkan.

KEMBALI PADA PERTANYAAN

·        Informasi atau jasa apa yang bisa dengan hati Anda tawarkan pada konsumen dan sangat berharga bagi mereka melebihi uang yang mereka yang bayarkan pada Anda?
·        Anda bisa melakukan atau menawarkan mereka sesuatu yang bisa :
-        Menghasilkan atau menghemat uang?
-        Menghemat waktu ?
-        Meningkatkan harga diri mereka?
-        Membuat hidup mereka lebih bahagia , sehat dan sukses?
·        Perasaan lega dan solusi masalah apa yang pernah Anda pelajari yang mendukung pekerjaan Anda saat ini atau pekerjaan Anda di masa lampau?
·        Dapatkah hal itu diadobsi untuk menciptakan bisnis rumahan?
·        Jasa apa yang ingin Anda lakukan yang tidak bisa atau tidak biasa orang lain lakukan?

Mulai Bisnis dengan riset dan pertanyaan :

1.      Seberapa besar potensi profitnya?
2.      Berapa modal awal yang diperlukan?
3.      Apakah pasar sudah terlalu ramai dengan bisnis ini?
4.      Apakah ada peluang di pasar yang masih bisa Anda masuki?
5.      Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis tersebut hingga menghasilkan pendapatan yang layak?
6.      Bagaimana anda bisa membayar berbagai tagihan ?
7.      Bisakah anda tetap menggeluti pekerjaan Anda dan mulai bisnis tersebut di waktu luang Anda?
8.      Bagaimana prospek jangka panjang?
9.      Apa saja hal yang buruk dan tidak menyenangkan?
10.   Bagimana aspek hukumnya ?

FOKUS DAN FOKUS

Misi : Misi menjelaskan tujuan suatu bisnis – mengapa bisnis Anda perlu ada di pasar. Pernyataan misi harus terdiri atas kalimat yang padat atas jawaban : Bisnis macam apakah yang digeluti, siapakah konsumen  dan bagaimana bisa menciptakan nilai bagi mereka.

Visi  : gambaran ideal bagaimana Anda bisa menjalankan misi tersebut dan apa yang ingin Anda capai dengan itu.

Nilai : membuat sesuatu pekerjaan menjadi berharga


“ Kalau ide bisnis rumahan Anda merupakan sesuatu yang membuat Anda bersemangat membara , memungkinkan Anda menggunakan bakat, punya potensi pasar, dan benar-benar fokus , jangan takut langsung terjun ke dalamnnya dan segera mulai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar