Minggu, 11 Oktober 2015

Kekacauan dan Inovasi

Foto Ilustrasi : Air Tejun Lianiki. Sumber Foto : FBC


Tiga Aturan Kerja (Einstein)
1. Di tengah kerumitan, temukan kesederhanaan
2. Di tengah ketidakselarasan, temukan harmoni
3. Di Tengah kesulitan, ada peluang

Krisis menciptakan Peluang
1. Dampak paling nyata dari sebuah krisis adalah para pesaing menjadi lesu, dan mereka yang ambisius menemukan cara untuk tumbuh.

2. Inovatif bukanlah tentang pemilihan waktu pemasaran. Inovasi adalah tentang menciptakan sesuatu yang memenuhi sebuah kebutuhan yang tak terpenuhi.

3. Ide-ide yang revolusioner bertentangan dengan konvensi umum. Ciptakan kembali apa yang diinginkan orang.

4. Terus amati denyut budaya populer . Ikon-ikon akan goyah jika mereka tidak bisa menciptakan kembali di masa perubahan. Anda tidak dapat menghindari evolusi diskruptif yaitu jenis perubahan yang melahirkan model bisnis baru dan merontokan yang lama.

5. Pelajari permainanya dan mulailah bermain. Cari cara untuk memahami semua kegaduhan ini. Dengan memahami kekacauan yang merupakan faktor penentu, Anda bisa tahu kapan dunia akan berubah, Terimalah bahwa dunia tidak bisa kembali normal. Saat berubah adalah saat sekarang. Tidak ada kata untuk terlambat

6. Bukan spesies terkuatlah yang bertahan, ataupun yang paling cerdas, melainkan yang paling dapat menyesuaikan diri pada perubahan." (Charles Darwin). Fokus Anda tidak boleh pada mempertahankan apa yang sekarang Anda punya, melainkan beradaptasi pada tren besar berikutnya. Kunci adaptasi adalah mengakui adanya kebutuhan terus-menerus akan perubahan perlahan.

7. Perubahan kecil dapat menguncang pasar. Mengejar peluang mengharuskan Anda berpikir secara berbeda dan melanggar aturan-aturan yang melumpuhkan Anda. Menjadi terobosan memerlukan komitmen untuk menjelajah wilayah baru.

8. Fokus yang tak kunjung padam terhadap masa depan dapat mendorong terciptanya penemuan baru.

9. Belajarlah menyesuaikan diri
   a. Budaya Revolusi
    b. Perburuan Tren
   c. Inovasi Adaptaif
    d. Pesan Menular

10. Keberhasilan membutakan kita terhadap pentingnya menemukan kembali jati diri Jangan terlena dengan rasa berpuas diri.

11. Jangan berdiam diri dengan kegagalan orang lain.

12. Pola gangguan : pemain memasuki pasar yang tidak dipedulikan pemain lama, pendatang baru tmbuh ketika pemain lama melarikan diri, pemain lama sudah mentok.

13. Jika Anda besar, maka lakukan hal kecil.

14. Krisis : memperpendek pemasaran, membantu tim berkoordinasi dan bekerja benar, memperbesar toleransi terhadap resiko dan dan memaksa untuk belajar kembali apa yang dimaui konsumen

15. ....
·         Ide-ide sukses pada awalnya mememrlukan pengujian berulang-ulang dan kegagalan eksperimental
·         Jangan bicara kepada  pelanggan Anda, tetapi bicara dengan pelanggan Anda
·         Di semua industry, Inovasi dimuali dengan mengamati pelanggan
-          Desainer
-          Wirausaha
-          Artis
-          Pemasar
-          Ahli Strategi
·         Membuat diri tidak nyaman dapat memberi Anda pemahaman penting tentang pasar baru
·         Otentisitas tidak ternilai harganya, dan anda tidak dapat membelinya. Anda harus dapat berjuang untuk memperolehnya.
·         Struktur organisasi mendikte cara kita tumbuh dan berpikir. Untuk mengobarkan revolusi , struktur perlu dihancurkan
·         Chaos tidak dapat diredam denganstruktur, melainkan harus dimanfaatkan dengan ideology

·         Ciptkan lingkungan kerja yang kreatif : Menciptakan lingkungan inovatif dapat mendorong orang meninggalkan rutinitas dan mengejar ide-ide revolusioner. 

150 Exploiting  Jurus Pelacak Tren dan Pemicu Inovasi, Jeremy Gutsche, MBA, CFA, Gramedia, (Tahun?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar